AVR LOKAL

 AVR merupakan satu element penting dari generator yang kita tahu Generator berfungsi sebagai pengubah energi mekanik menjadi energi listrik. Energi mekanik ini dapat berasal dari berbagai sumber seperti air, tekanan uap air, mesin diesel dan lain-lain.

Generator bekerja berdasarkan prinsip induksi elektromagnetik yaitu dengan memutar suatu kumparan dalam medan magnet sehingga timbul GGL induksi. Medan magnet yang dihasilkan didalam rotor disebabkan oleh arus eksitasi yang dialirkan khusus untuk mengatur nilai medan yang harus terjadi. 
Prinsip kerja dari AVR  adalah mengatur arus penguatan (excitacy) pada exciter. Apabila tegangan output generator di bawah tegangan nominal tegangan generator, maka AVR akan memperbesar arus penguatan (excitacy) pada exciter. Dan juga sebaliknya apabila tegangan output generator melebihi tegangan nominal generator maka AVR akan mengurangi arus penguatan (excitacy) pada exciter. 

Dengan demikian apabila terjadi perubahan tegangan output generator akan dapat distabilkan oleh AVR secara otomatis dikarenakan dilengkapi dengan peralatan seperti alat yang digunakan untuk pembatasan penguat minimum ataupun maximum yang bekerja secara otomatis.

Sistem eksitasi adalah sistem yang mengatur pasokan listrik DC ke generator yang berfungsi sebagai penguatan atau pembangkit medan magnet sehingga dengan adanya medan magnet tersebut maka akan dihasilkan tegangan keluaran generator yang bergantung dari arus eksitasi tersebut. 

Pada suatu generator, exciter merupakan sumber medan magnet yang diperoleh dengan melakukan arus searah ke dalam belitan dengan inti besi sebagai lintasan magnetiknya.

Rangkaian AVR  mendeteksi tegangan output generator dan mengeluarkan sinyal kontrol seiring dengan perubahan output generator tersebut, sinyal yang dihasilkan diberikan kepada rangkaian Firing Circuit untuk mengendalikan sudut penyalaan pada thyristor sehingga dapat merubah tegangan output pada rangkaian penyearah thyristor dan untuk mengendalikan besaran eksitasi ke generator.

HUBUNGI KAMI
Kunjungi kami:
SERVICE / UPGRADE AVR GENERATOR

Artikel Terkait

Previous
Next Post »